Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DomaiNesia

5 Skill Yang Harus Dimiliki Di Usia Muda

https://www.padupedia.tapakjurnal.com
Doc. Image padupedia

Skill Yang Harus Dimiliki Di Usia Muda - padupedia.com

Kesuksesan tergantung bagaimana  pribadi seseorang dalam mengambil langkah yang tepat dan sejalan dengan apa yang disukainya. Hobi dapat merubah mood seseorang untuk mendalami suatu bidang tertentu secara terus-menerus dan meningkatkan rasa percaya diri mengendalikan apa yang disukai.

Kesuksesan seseorang dapat berawal dari apa yang disenangi dan apa yang digelutinya. Hobi yang menyenangkan dapat mengurangi stres seseorang, sehingga dapat percaya untuk termotivasi akan semangat yang memicu. Banyak hobi dan kesenangan berujung kesuksesan, sekaligus hobi menjadikan peluang untuk melahirkan sebuah kesuksesan. 

Kemampuan seseorang untuk mendalami sebuah hobi tentu diiringi dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan hobi ataupun kesenangan yang dilakukan, baik didapatkan secara otodidak maupun pengalaman. 

Kemampuan serta pengalaman yang terus menerus didalami akan menjadi sebuah keahlian khusus yang tak semua orang dapat menaklukkannya. 

Skill dan Ilmu pengetahuan mendalam merupakan kesatuan luar biasa yang dapat menjadi jembatan kemudahan seseorang untuk meraih suatu bidang. 

Bahkan skill juga dapat menjembatani individu dalam meraih kesuksesan. 
Pendidikan belum tentu menjamin seseorang untuk sukses, tetapi dengan pendidikan dapat mempermudah meraih sukses. Untuk itu skill juga penting disandingkan dengan pendidikan dan pengalaman. 

Skill sangat berpengaruh besar pada bidang-bidang project dan working suatu perusahaan maupun bidang usawan. 
Banyak Skill yang dibutuhkan pada bidang tertentu mengkhususkan seorang individu untuk mampu bersaing dalam kompetensi. 

Era modern globalisasi saat ini sudah sepatutnya skill-skill baru yang harus dimiliki generasi khususnya millenial selagi muda demi menerjang badai IPTEK berkelanjutan. 
Berikut ini beberapa keahlian yang harus dimiliki selagi usia muda :


1. Public Speaking

https://www.padupedia.tapakjurnal.com

                                     Doc. Image Padupedia
Tanpa mental yang siap untuk dapat berbicara depan umum adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Terlebih lagi berbicara depan umum juga harus disandingkan dengan ilmu serta wawasan pengalaman yang luwes. Tak banyak orang yang mampu untuk tampil percaya diri depan umum.
Dan pada akhirnya banyak pekerjaan bidang Public Speaking ini seperti Master Ceremony, Pejabat, Artis, serta Tokoh-tokoh Publik. Dengan cepat pergerakan era digital yang juga ikut andil dalam hal ini seperti seorang YouTuber yang harus berani percaya diri tampil dalam membawakan narasi. Dengan begitu, persaingan serta kemampuan di era mendatang akan semakin sulit ditaklukkan jika tidak menguasai skill public speaking. 


2. Content Writer

https://www.padupedia.tapakjurnal.com
                                            Doc. Image Padupedia
Era digital yang semakin kian meraja, tak lepas dari semua hal pekerjaan maupun hobi dalam jangkauan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan-tulisa, catatan demi catatan serta data dalam pengolahannya juga tak lepas dari peran digital. Integrasi dan sistemasi kepenulisan sebagai contoh, dimana dahulu orang menulis di atas kertas secara manual yang kini berpaling drastis di era digitalisasi. Dan Muncul pula peluang-peluang karir baru seperti Juru ketik, Bloger, Jurnalis, Penulis serta pekerjaan kepenulisan lainnya. 
Seperti halnya Content Writer, yang kian banyak dibutuhkan perusahaan untuk membuat konten-konten kepenulisan yang menarik. Selain itu, skill content writer juga bermanfaat bagi seorang  bloger yang hobi memposting artikel menarik serta menghasilkan uang. 


3. Komputer

https://www.padupedia.tapakjurnal.com
                                               Doc. Image Padupedia
Ketika melamar ke suatu perusahaan, umumnya mencantumkan skill kemampuan dalam CV sang pelamar. Banyak dibutuhkan saat ini skill dalam mengoperasikan komputer, minimal untuk ahli dalam bidang Ms.Office. 
Akan menjadi nilai plus seorang pelamar kerja jika memiliki kemampuan mahir setidaknya dalam mengoperasikan komputer. Karenanya pekerjaan saat ini juga banyak membutuhkan integrasi komputer dalam mengolah data. 


4. Wirausaha dan Bisnis

https://www.padupedia.tapakjurnal.com
                                               Doc. Image Padupedia
Persaingan era globalisasi yang makin tak sepadan dengan apa yang dibutuhkan dan apa yang membutuhkan, seakan menjadi bom waktu yang akan hancur ketika tiba waktunya. 
Dalam persentase setiap tahunnya saja lulusan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Umum disusul Universitas yang seakan mempersempit peluang untuk dapat bersaing di perusahaan, kian banyak lulusan yang melamar pekerjaan serta tak sebanding dengan banyaknya perusahaan dan berakibat banyaknya pengangguran di negri. Sudah menjadi keharusan untuk menanggulangi hal tersebut dengan membangun serta memperkokoh ekonomi global. 
Dengan begitu dapat menaikkan volume lapangan pekerjaan melalui bisnis dan wirausaha baru. Skill dalam berbisnis dan wirausaha sangat penting untuk para pemuda dalam membangun potensi diri. 


5. Bahasa Asing

https://www.padupedia.tapakjurnal.com
                                              Doc. Image Padupedia
Sulitnya berkomunikasi khususnya dalam hal kepentingan baik itu bisnis, politik maupun kepentingan pribadi di kehidupan masyarakat dunia seakan terbentengi oleh perbedaan bahasa antar bangsa. Demikian pula pentingnya kemampuan dalam berbahasa asing yang mampu menembus benteng perbedaan dalam literasi antar negara. Pun seperti halnya dengan kemampuan bidang komputer, kemampuan dalam berbahasa asing juga banyak dibutuhkan dalam dunia kerja. Tak banyak orang yang berkemampuan dalam berbahasa asing. Umumnya bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia global. Begitu pentingnya penggunaan bahasa asing dalam komunikasi antar umat bernegara. 

Tak ada yang tak mungkin untuk bisa dipelajari hingga menjadi manfaat tuk mengajari. Maka dari itu, ayo tingkatkan semua skill dan kemampuan untuk menjembatani apa yang kelak kita hinggapi


Share jika artikel ini bermanfaat,Salam Millenial ~ Padupedia


Sigit Rinaldy
Sigit Rinaldy Banyak sukanya, Banyak hobinya. Suka banget Nulis, apalagi Nge-Blog. Suka Traveling, Kulineran, dan Suka banget Nge-Bucin. Hobinya suka Ngonten, Fotografi, Videografi, Desain Grafis, serta Doyan ngobrol, ujung-ujungnya Ghibah.

Posting Komentar untuk "5 Skill Yang Harus Dimiliki Di Usia Muda"

DomaiNesia