Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DomaiNesia

5 Tips Percaya Diri Tampil Di Depan Umum

https://www.padupedia.com
Doc.Image Padupedia

5 Tips Percaya Diri Tampil Di Depan Umum


Level Kekuatan mental dalam setiap individu bervariatif. Ada yang sangat percaya diri, Menengah, dan Disisi lain ada yang malu-malu. Masih takut atau gugup untuk mengahadapi situasi keramaian publik.

Banyak cara dilakukan untuk dapat tampil percaya diri, atau bahkan kemampuan untuk dapat berbicara di depan Umum ( Public Speaking).

Kemampuan serta kekuatan mental  umumnya dapat dilatih dan dibiasakan dengan kegiatan-kegiatan sosial, dalam mengasah psikologis.

Jika anda adalah seorang pembawa acara atau moderator suatu event, penting sekali untuk dapat mengendalikan mental serta attitude, agar tak gugup dalam situasi
Berikut 5 tips percaya diri tampil di depan umum :


1. Berlatih di depan cermin.

https://www.padupedia.com
Doc.Image Padupedia
Cermin, alat wajib untuk berkaca / bercermin. Dengan cermin, kita dapat melihat apa yang sulit terlihat pada wajah kita. Selain itu, fungsi cermin juga  digunakan sebagai alat refleksi optik baik digital maupun statis.

Tips pertama adalah bagaimana agar tampil percaya diri, ialah dengan berlatih berbicara di depan cermin. Dengan begitu, dapat membiasakan bagaimana gimmick wajah kita dalam berbicara. Serta melatih gestur supaya tak terlihat kaku. Cara ini cukup mudah untuk dapat diterapkan bukan?


2. Buat latihan video vlog.

https://www.padupedia.com
Doc.Image Padupedia
Di Era digital sekarang tak lepas dari kecepatan informasi, baik itu tulisan, suara, gambar maupun dalam bentuk video. Dengan begitu mudahnya dalam berbagi hal khususnya informasi, baik itu edukasi seperti tips dan trik, maupun informasi umum  seperti halnya berita.

Kemajuan zaman digital banyak platform berlomba-lomba untuk menyajikan fitur-fitur broadcast. Salah satunya dalam bentuk video. Sebagai contoh Platform digital saat ini YouTube dan Instagram yang banyak digunakan untuk media berbagai informasi, para pengguna umum-nya sebagai viewer dan kreator.

Untuk para kreator mereka biasanya membuat konten dalam bentuk visual video. "Vlog", atau bisa dikenal dengan Video Blog. Video vlogging", banyak di aplikasikan oleh para konten kreator yang tampil di depan kamera. Secara tidak langsung, ini cukup efektif untuk melatih kemampuan dalam berbicara depan publik. Cukup Me-record video dan mulailah dengan penyampaian informasi-informasi sederhana.


3. Anggap Audiens teman biasa.

https://www.padupedia.com
Doc.Image Padupedia
Seorang moderator atau pun seorang MC (Master Of Ceremony) maupun seorang Mentor yang dituntut tampil dalam sebuah acara, tentu memerlukan Skill dan Mental dalam berkomunikasi.

Dalam berteman, tentunya semua mengalami kontak dan komunikasi. Mengobrol ria, serta guyonan-guyonan dalam lingkup pertemanan tak lepas dari haluan agar tercipta komunikasi yang santai serta harmonis.
Kita bisa mengambil cara ini untuk dapat diterapkan pada setiap pertemuan publik, supaya tercipta komunikasi yang lancar dan enak tuk disampaikan.

Anggaplah para Audiens dalam sebuah acara yang kita bawakan seperti teman sendiri, atau seperti seorang sahabat. Dengan demikian, memudahkan kita dalam berkomunikasi yang luwes dan tidak Kaku dan Gugup.


4. Rileks dan Santai

Doc.Image Padupedia
Seringkali bertemu dengan orang-orang baru dalam menghadiri suatu acara, bahkan puluhan atau ratusan orang menghadiri sebuah acara dan anda adalah sebagai tamu spesial yang di undang untuk menyampaikan sedikit sambutan di tempat tersebut. Apalagi ini  adalah pengalaman baru dalam hidup anda.

Bagi sebagian orang, akan sulit dan gugup dalam menyampaikan walau sepatah dua kata yang terucap. Tips yang harus diterapkan adalah bagaimana mengendalikan ketenangan diri. Tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan. Buatlah sambutan-sambutan Rantai dan Rileks. Ingat!, jangan ada yang diragukan dan dikhawatirkan. Pembawaan yang Rileks dan Santai menghasilkan komunikasi yang lancar dan damai.


5. Motivasi diri

https://www.padupedia.com
Doc.Image Padupedia
Kesenangan hati, kesenangan jiwa, tercipta dari apa yang paling banyak disukai dan digeluti, seperti Hobi.
Lalu apa Motivasi terbesar anda dalam melakukan sesuatu hal?
Dalam mendalami suatu kesenangan, apapun yang kita mau selalu kita turuti, mampu membuka dan menciptakan kesegaran serta kesehatan mental.

Dalam hal apapun, dengan motivasi dapat mendorong semangat melakukan aktivitas. Motivasi dalam suatu bidang menumbuhkan rasa percaya diri, hal ini dapat diterapkan pula pada segala aktivitas-aktivitas kegiatan anda sehari-hari.

Share ! jika Artikel ini bermanfaat,

Salam Millenial, Padupedia.

Sigit Rinaldy
Sigit Rinaldy Banyak sukanya, Banyak hobinya. Suka banget Nulis, apalagi Nge-Blog. Suka Traveling, Kulineran, dan Suka banget Nge-Bucin. Hobinya suka Ngonten, Fotografi, Videografi, Desain Grafis, serta Doyan ngobrol, ujung-ujungnya Ghibah.

1 komentar untuk "5 Tips Percaya Diri Tampil Di Depan Umum "

  1. wah yang minder-minder club wajib tahu nih. hehe thanks min

    BalasHapus
DomaiNesia